Tugas 1 | [Point 2]
Pengantar Animasi dan Desain Grafis
Istilah Dasar dalam Desain Grafis
Afrilian Ardy N(10114418)| Alviyan Rahmat (10114901)| Tahta Ramadian(1A114644)
Dasar -dasar pewarnaan
Apa yang dimaksud dengan RGB dan CMYK ? apa
perbedaan RGB dan CMYK ? apa persamaan RGB dan CMYK ? serta
apa fungsi dan manfaat dari RGB dan CMYK ini ? Dalam dunia IT
khususnya Desain grafis , RGB dan CMYK adalah dasar awal untuk pembelajaran
Desain Grafis. Sebelum kita bahas mengenai apa itu Desain Grafis ada baiknya
kita bahas dulu dasar-dasar dari desain grafis itu sendiri yaitu RGB dan CMYK.
Mengenal Apa itu RGB
RGB adalah singkatan dari Red - Green - Blue adalah
model warna pencahayaan (additive color mode) dipakai untuk "input
devices" seperti scanner maupun "output devices" seperti display
monitor, warna-warna primernya (Red, Blue, Green) tergantung pada teknologi
alat yang dipakai seperti CCD atau PMT pada scanner atau digital camera, CRT
atau LCD pada display monitor.
Apabila (Red - Blue - Green) ketiga warna tersebut dikombinasikan maka
terciptalah warna putih inilah mengapa RGB disebut ‘additive color’ atau bahasa
kerennya ‘warna pencahayaan’. Warna RGB merupakan prinsip warna yang
digunakan oleh media elektronik seperti televisi, monitor komputer, dan juga
scanner. Oleh karena itu, warna yang ditampilkan RGB selalu terang dan menyenangkan,
karena memang di setting untuk display monitor, bukan untuk cetak, sehingga
lebih leluasa dalam bermain warna. Tapi bukan berarti RGB bebas masalah karena
tampilan warna RGB akan selalu terikat dengan kapasitas/kemampuan grafis
computer yang menyandangnya. Jadi apabila komputer yang kita pakai mempunyai
graphic card yang bagus serta monitor LCD, maka tampilan warna RGBnya akan jauh
lebih bagus dibanding monitor tabung dengan graphic card yang biasa-biasa saja.
Mengenal Apa itu CMYK
CMYK adalah singkatan dari Cyan-Magenta-Yellow-blacK dan
biasanya juga sering disebut sebagai warna proses atau empat warna. CMYK
adalah sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya
(substractive color model) dan yang umum dipergunakan dalam pencetakan
berwarna. Jadi untuk mereproduksi gambar sehingga dapat dicapai hasil yang
(relative) sempurna dibutuhkan sedikitnya 4 Tinta yaitu: Cyan, Magenta,
Yellow dan Black. Keempat tinta tersebut disebut Tinta / Warna Proses.
Tinta Proses adalah tinta yang dipergunakan untuk mereproduksi warna dengan
proses teknik cetak tertentu, seperti offset lithography, rotogravure,
letterpress atau sablon. Berbeda dengan Tinta yang hanya digunakan satu lapisan
(single layer), karena tinta yang digunakan dapat ditumpuk-tumpuk, maka sifat
tinta proses harus memenuhi standard tertentu, seperti spesifikasi warna (dalam
model warna CIELab) dan nilai Opacity/Transparency.
Kesalahan warna dalam penumpukan 2 macam tinta tersebut disebut: Ink Trapping
Error (berbeda dengan Layout Trapping Error). (ISO 2846-1 hingga ISO 2846-5
adalah standar yang ditetapkan oleh badan standarisasi international terhadap
warna dan nilai transparency dari tinta proses 4 warna CMYK masing-masing untuk
proses pencetakan: Sheet-fed and heat-set web offset lithographic printing,
Coldset offset lithographic printing, Publication gravure printing, Screen
printing dan Flexographic printing.)
Teknik separasi saat ini sudah berkembang; Penggunaan 4 tinta proses masih
dominan, tapi metode menambah warna tinta cetak berkembang pesat. Teknologi
HiFi Color dikembangkan beberapa pihak antara lain Pantone mengembangkan Proses
Hexachrome dan Opaltone. Pada teknik Digital Inkjet Printing, perkembangan
Warna Proses sedemikian pesatnya, hal ini didorong lantaran karena masalah
teknis (kecilnya nozzle dalam printing head), maupun persaingan untuk
menghadirkan reproduksi warna yang sempurna (sesuai dengan target pasar yang
dituju), ada tinta-tinta seperti: Light Magenta, Light Cyan, Grey, Matt Black,
Orange dan Green dll. Jadi Empat Warna adalah spesifik untuk penyebutan proses
pewarnaan dengan menggunakan CMYK.
Lihat Gambar diatas :
Pada warna RGM
· Red Green Blue (merah, hijau, biru)
· RGB merupakan warna-warna primer yang digunakan pada monitor
· RGB lebih digunakan untuk desain yang ditampilkan ke media layar monitor
· Jika warna RGB di campur semua, akan menghasilkan warna putih
Pada warna CMYK
· Cyan Magenta Yellow Black (orang awam bilang biru, merah,
kuning dan hitam )
· CMYK merupakan warna-warna primer yang paling banyak digunakan pada printer
· CMYK lebih digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke media cetak
· Jika warna CMY di campur semua, akan menghasilkan warna hitam
Warna RGB biasanya lebih terang dan jelas, biasanya menghasilkan besar
kapasitas file yang lebih kecil. Warna RGB sangat cocok untuk presentasi visual
dalam tampilan monitor seperti desain halaman web/situs. Ketika suatu karya
desain dalam format RGB akan diprint dan melalui suatu proses cetak, maka
warna RGB harus dikonversi dahulu kedalam model warna CMYK. Hal ini karena
printer dan mesin percetakan hanya mengenal warna CMYK sebagai model warna dari
kalibrasi di mesin cetak.
Sering kali beberapa karya desain yang akan naik cetak masih dalam format RGB,
dan ketika dikonversi menjadi CMYK, warna biasanya akan berubah menjadi lebih
redup dan tidak secerah warna yang tampil pada model RGB. Solusi dari masalah
ini adalah, desainer harus memastikan dulu desainnya tampil dengan warna yang
diinginkan dalam format warna CMYK, karena yang akan keluar dari mesin cetak
adalah warna dengan model CMYK.
Perbedaan dalam Grafis Vektor dan Bitmap
Gambar Vektor
Gambar vektor merupakan gambar yang terbentuk bukan dari kumpulan titik melainkan terbentuk dari sejumlah garis dan kurva. Karena gambar jenis vektor ini bukan terdiri dari titik, maka apabila tampilan gambar ini diperbesar tetap tidak akan kehilangan detailnya sehingga kualitas gambarnya tetap baik. Contoh gambar ini adalah teks dan logo. Perangkat lunak yang sering digunakan untuk mengolah gambar jenis
vektor ini adalah CorelDRAW, Freehand.
Monitor biasanya akan menampilkan gambar dalam bentuk piksel, maka semua gambar baik jenis vector maupun bitmap akan ditampilkan dalam bentuk piksel. Gambar ini mengandung unsur matematis seperti arah, ukuran sudut, ketebalan, warna, dan lain sebagainya.
Gambar Bitmap
Tampilan bitmap sering disebut dengan gambar raster yaitu tampilan gambar yang terdiri dari titik-titik atau piksel. Masing-masing piksel ini mempunyai lokasi serta warna tersendiri yang secara keseluruhan membentuk sebuah tampilan gambar pada saat gambar diperbesar. Kehalusan tampilan gambar ini sangat tergantung kepada resolusi serta titik atau piksel yang membentuk gambar tersebut.
Apabila gambar ini diperbesar maka ini kelihatan kotak-kotak, semakin besar tampilan gambar maka semakin besar pula kotak-kotak tersebut, yang sebetulnya merupakan tampilan piksel yang diperbesar. Contoh gambar bitmap antara lain photo, gambar-gambar hasil scanner serta gambar yang dihasilkan dari software grafis seperti Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT.
Kelemahan dari gambar jenis bitmap adalah gambar akan menjadi pecah dan terlihat “kotak-kotak” (jagged) apabila gambar tersebut diperbesar atau dicetak menggunakan resolusi yang lebih kecil daripada nilai resolusi aslinya. Format bitmap ini memerlukan ruang penyimpanan data yang lebih besar dibandingkan dengan format vektor.
Gambar vektor merupakan gambar yang terbentuk bukan dari kumpulan titik melainkan terbentuk dari sejumlah garis dan kurva. Karena gambar jenis vektor ini bukan terdiri dari titik, maka apabila tampilan gambar ini diperbesar tetap tidak akan kehilangan detailnya sehingga kualitas gambarnya tetap baik. Contoh gambar ini adalah teks dan logo. Perangkat lunak yang sering digunakan untuk mengolah gambar jenis
vektor ini adalah CorelDRAW, Freehand.
Monitor biasanya akan menampilkan gambar dalam bentuk piksel, maka semua gambar baik jenis vector maupun bitmap akan ditampilkan dalam bentuk piksel. Gambar ini mengandung unsur matematis seperti arah, ukuran sudut, ketebalan, warna, dan lain sebagainya.
Gambar Bitmap
Tampilan bitmap sering disebut dengan gambar raster yaitu tampilan gambar yang terdiri dari titik-titik atau piksel. Masing-masing piksel ini mempunyai lokasi serta warna tersendiri yang secara keseluruhan membentuk sebuah tampilan gambar pada saat gambar diperbesar. Kehalusan tampilan gambar ini sangat tergantung kepada resolusi serta titik atau piksel yang membentuk gambar tersebut.
Apabila gambar ini diperbesar maka ini kelihatan kotak-kotak, semakin besar tampilan gambar maka semakin besar pula kotak-kotak tersebut, yang sebetulnya merupakan tampilan piksel yang diperbesar. Contoh gambar bitmap antara lain photo, gambar-gambar hasil scanner serta gambar yang dihasilkan dari software grafis seperti Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT.
Kelemahan dari gambar jenis bitmap adalah gambar akan menjadi pecah dan terlihat “kotak-kotak” (jagged) apabila gambar tersebut diperbesar atau dicetak menggunakan resolusi yang lebih kecil daripada nilai resolusi aslinya. Format bitmap ini memerlukan ruang penyimpanan data yang lebih besar dibandingkan dengan format vektor.
Perbandingan Gambar-Gambar Berbasis Vektor dan Bitmap
· Berbasis
Vektor
o Gambar tetap jelas ketika di perbesar
o Tersusun dari garis dan kurva, Path
terdiri dari garis (line segment) dan beberapa titik (node) atau disebut dengan
anchor point
o Gradasi warna harus dianalisis dulu oleh
para desainer grafis
o Kualitas grafik tidak tergantung dari
banyaknya pixel
o Disusun oleh objek geometris yang dibuat
berdasarkan perhitungan matematis
o Sifatnya resolution independent
o Ukuran penyimpanan relatif kecil
o Program yang digunakan adalah Coreldraw,
Adobe ilustrator, Macromedia Freehand
o Nyaman dipakai untuk melayout halaman
(teknik publishing), membuat font, dan ilustrasi.
· Berbasis
Bitmap
o Gambar kurang jelas jika diperbesar
o Terdiri atas titik (piksel), beragam
warna, piksel tersebar dalam pola grid
o Gradasi warna lebih luwes dan nyata
o Mampu menyimpan gambar antar-format,
yaitu JPEG, BMP,GIF, TIFF, dan PNG
o Ukuran file yang dihasilkan besar
o Kualitas grafis tergantung dari banyaknya
pixel
o Disusun oleh objek yang disebut pixel
o Sifat resolusinya dependent atau
dipengaruhi resolusi
o Ukuran penyimpanan relatif besar
tanggal 30/03/2017 jam 03:27
tanggal 30/03/2017 jam 03:34
Link :
[Tugas 1][Point 1] : Afrillian ardy
http://fourtyeights.blogspot.co.id/2017/03/tugas-1-point-1-pengantar-animasi.html
[Tugas 2][Point 2] : Tahta Ramadian
http://ramadian18.blogspot.co.id/2017/03/pengantar-animasi-desain-grafis.html
[Tugas 3][Point 3]: Alviyan rahmat
http://alviyan9.blogspot.co.id/2017/04/tugas-1-point-3-pengantar-animasi.html
[Tugas 1][Point 1] : Afrillian ardy
http://fourtyeights.blogspot.co.id/2017/03/tugas-1-point-1-pengantar-animasi.html
[Tugas 2][Point 2] : Tahta Ramadian
http://ramadian18.blogspot.co.id/2017/03/pengantar-animasi-desain-grafis.html
[Tugas 3][Point 3]: Alviyan rahmat
http://alviyan9.blogspot.co.id/2017/04/tugas-1-point-3-pengantar-animasi.html
- Mata Kuliah
Peng.Animasi & Desain grafis #
Mampir ka http://pioneer-pasundan.blogspot.com/
ReplyDelete